Kamis, 21 November 2013

Cara Mudah Mengenali Toko Online Penipu/Online Shop Fiktif (Abal-abal)

Banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan online shop dengan modus jual barang elektronik (Blackberry, Camera, Laptop, Komputer, Keyboard,  HP, Ipad, dan lain sebagainya) dan barang lainnya (sepeda, baju, softgun, mainan anak, mebel, dan lain sebagainya). Umumnya masyarakat yang menjadi korban penipuan adalah orang bodoh yang mudah tertarik dengan iming-iming barang murah dan orang yang kurang pengalaman tentang modus penipuan online shop. Dan umumnya masyarakat yang menjadi korban penipuan online shop adalah orang pemalas. Sangat malas mencari data-data tentang pemilik online shop, apakah sudah teridentifikasi sebagai pelaku penipuan dari nama, alamat dan nomor rekeningnya dan mereka ini juga sangat malas untuk bertanya dan menggunakan akalnya. Mereka akan mulai sibuk mencari data-data penipu apabila sudah menjadi korban. Tapi apa mau dikata nasi sudah menjadi bubur. 
Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali toko online penipu/online shop fiktif (abal-abal). Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Perhatikan logo bank pada tampilan  website toko online, apabila dibawah logo bank tersebut hanya tertulis nomor HP bukan nomor rekening, maka pemilik toko online tersebut adalah penipu tengik. Penipu tengik online shop sangat takut untuk menampilkan nomor rekeningnya, karena  umumnya mereka menggunakan nomor rekeningnya fiktif. Toko online shop yang benar/resmi tidak akan ragu menampilkan nomor rekeningnya dalam tampilan websitenya.
  2. Perhatikan nomor kontak, jika hanya HP, maka kemungkinan besar pemilik toko online adalah penipu. 
  3. Perhatikan alamat toko online, jika alamat toko di Batam, Kalimantan, Denpasar, Tangerang, Jepara, kemungkinan besar pemilik toko online adalah penipu. 
  4. Perhatikan harga barang yang ditampilkan dalam toko online, jika harga barang terlalu miring, maka kemungkinan besar pemilik toko online adalah penipu.
  5. Perhatikan tampilan website toko online, jika terdapat surat ijin, maka sudah pasti pemilik toko online tersebut adalah penipu. Surat ijin tersebut adalah akal-akal penipu untuk memperoleh kepercayaan  masyarakat, seolah-olah toko online tersebut benar adanya padahal fiktif.
  6. Perhatikan tampilan website toko online, jika jam kerja toko online 24 jam, maka sudah jelas pemilik toko online tersebut adalah penipu tengik.
  7. Perhatikan tampilan website toko online, jika terdapat  testimoni, maka sudah jelas pemilik toko online tersebut adalah penipu tengik.
Tujuh cara tersebut dapat anda gunakan untuk mengenali toko online penipu/online shop fiktif (abal-abal). Saran penulis, jika anda merasa tidak mampu mengenali mana toko online yang resmi dan mana toko online yang fiktif/abal-abal/penipu, maka jika membutuhkan suatu barang, langsung saja membeli pada toko yang terdekat dengan domisili anda. Saat ini, membeli barang via toko online sangat beresiko, karena terdapat ribuan toko online fiktif/abal-abal/penipu dengan berbagai macam barang. Dengan membeli barang langsung pada tokonya, maka anda bisa pilih-pilih barang, dapat bertanya tentang fitur, dapat bertanya tentang garansi barang, dan anda bisa komplain jika barang yang beli rusak atau cacat. 
NB : Jika karena suatu hal yang sangat mendesak yang mengharuskan anda bertransaksi secara online, mintalah nomor rekening pemilik toko online yang telah berusia dua tahun. Karena nomor rekening  penipu toko online/online shop fiktif, umumnya masih baru dan dibuat dengan data fiktif (nama dan alamat fiktif). Atau sebelum anda transfer dana, maka tanyakan pada pihak bank mengenai  nomor rekening yang diberikan pemilik toko online, jika nomor rekening masih berusia enam bulan apalagi masih berusia satu bulan, maka sebaiknya anda tidak usah mentransfer dana pada nomor rekening tersebut, bisa jadi nomor rekening tersebut adalah fiktif. Dan mintalah pada pemilik toko online, nomor rekening yang telah berusia dua tahun, jika pemilik toko online keberatan, maka batalkan transaksi dengannya, karena bisa jadi pemilik toko online tersebut adalah penipu.
Kata Kunci :
Cara mengenali penipu
Cara mengenali toko online penipu
Cara mengenali toko online fiktif
Cara mengenali toko online abal-abal
Cara mengenali online shop penipu
Cara mengenali online shop abal-abal
Cara mengenali online shop fiktif
Toko online penipu
Penipu online shop

51 komentar:

  1. ayo semangat... ikutin kontes SEO nya...
    pasang iklan gratis ya www.tokobujang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
  2. mantap lah gan info nya,tapi cb saya bantu tambahkan sedikit.
    tp maap kl sedikit berbau promosi,toh saya mempromosikan yang baik untuk seluruh temen2 yang pengen belanja online. :)
    dimanapun kita belanja online,mari coba kita ajak penjualnya menggunakan jasa pembayaran seperti inapay .
    hal tersebut biar terciptanya budaya aman transaksi belanja online.
    untuk pastinya cb aja langsung di cek websitenya di www.inapay.com

    BalasHapus
  3. BELANJA ONLINE-lah secara Aman! Baca TIPS AMAN BELANJA ONLINE . Powered by LISTRIKmart - Pelopor#1 PAKET USAHA Alat Listrik di INDONESIA.

    BalasHapus
  4. waah.. ternyata seminar jaya phone cell hampir memenuhi ke tujuh tips mengenali web online penipu,, hehehe untung temenku lg ga punya duit, jd ga sampe membeli camera nikon, lupa nama typenya, yg jelas harga normalnya tmn aq yg lain belinya 7 juta, eh.. seminar jaya phon cell cuma nawari 2,5 jt.. mksh yh infonya

    BalasHapus
  5. Nice info gan , sangat berguna bagi yang awam dengan toko online

    Transaksi pembayaran

    BalasHapus
  6. Informasi anda sangat membantu sekali,, kita harus tetap waspada dalam bertransaksi secara onlinr di internet
    promo hotel bali

    BalasHapus
  7. wah bagus sekali ni informasi nya , makasih gan :D
    Dana Cepat

    BalasHapus
  8. misi gan cuma mau ngasih info ni gan , sekarang kita bisa promosiin iklan baner kita secara gratis gan dengan cara daftar dsini gan gratis loh daftarnya gan cek aj disini gan http://www.tukarbanner.com/display.php?id=1406

    BalasHapus
  9. Ane tambahin nih daftar penipu online.
    Nama : andri (nama fiksi)
    Hp : 085692645113
    No rek : BRI 0445-01-010-340-505 A/N : Faella S.

    Web : www.urusanijazah.blogspot.com

    Hati2 ya gaess.. ane udah terjerumus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang ane mau tanya, kronologisnya gmn kok bisa ketipu. Soalnya nih org nantangin ane ke rmhnya di banten, bisa email ane di sweety.dentistry@gmail.com

      Hapus
    2. Ini benar2 penipu, saya malam ini baru ketipu sama ini orang yang bernama Andri, No hp juga sama, no rek BRI nya sama persis, alamat di Pandeglang Banten dan ngaku kalau kk nya Kapolsek/Kompol Afroni.
      Hati-hati sama ini orang, karena benar-benar Penipu..semoga bisa ketemu sama ini orang.

      Hapus
    3. Saya juga baru ketipu,kronologinya sama persis

      Hapus
  10. Data penipu:
    Nama: Irgi Phonsel, Central Blackmarket, pokonya berbagai jenis barang BM.
    Phone :
    082317774529
    082293856327
    082306971777
    082314111223
    Pin BB :24EBFF7C

    salah satu Iklan yang di pasang ada di tabloidpulsa.co.id

    No.Rekeningnya banyak, klu waktu saya Bank BNI No. Rek 0090298798359 an Yudi Saputra,

    Barang tidak dikirim dengan alasan barang kena sita oleh departemen bea cukai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya baru saja tertipu dengan alsan yg sama barang di tahan bea cukai. dia pake BRI jg atas nama aulia fahlevi, Ridwan huta. ada 2 rekening. mas bagaimana cara menindak lanjuti?

      Hapus
    2. Aku jga baru di tipu tdi malam atas nama iis sumarni, dan aulia fahlevi,, kta.y dthan bea cukai,, dsru krim uang jaminan,, jdi aku krim, stelah dkrim sdah nggak ada kbar.

      Hapus
  11. Hati-hati penipuan hari ini teman saya tertipu oleh olshop di batam yang facebooknya bernama Focus Celluler Beralamat Komplek Aviari Block C4 no 5 Batu Aji Kota Batam. nomer telepon 082314314735. Rek BNI A/n REGA SILFIAH No.Rek 454101012902531 Pin Nya : 543A4C74
    perjanjian nya tidak sesuai,dan saat minta kembali uang dia tidak menjawab telepon ! HATI HATI SEMUANYA

    BalasHapus
  12. hati penipuan berkedok jual elektronik ,teman saya kena tipu 5jt
    pin BBM :2a3afe18
    nama BBM : Global Shop 082298566245
    no hp : 085741100479
    alamat : Jln.Basuki Rahmat no.5 kedung klinter kec.Tegalsari Sby
    reg BRI a/n Hendi Maulana No Rek : 32591019225536
    sudah kemaren mau dikirim tapi sampai sekarang belum ada barangnya ,katanya mau dikirim lewat JNE surabaya ,di telfon dengan alasan banyak pesanan jadi agak lambat , di telfon kembali no hp nya sudah tidak aktif . HATI HATI YA GAES JANGAN JADI KORBAN BERIKUT NYA.

    BalasHapus
  13. pin BB 52a6d602, IGN feryan
    penipu game online Clash of Clan
    modus jasa isi gem game Clash of Clan, duid uda ditransfer orangnya langsung ngilang, jgn sampe yg laen jadi korban juga

    BalasHapus
  14. pin BB 52a6d602, IGN feryan
    penipu game online Clash of Clan
    modus jasa isi gem game Clash of Clan, duid uda ditransfer orangnya langsung ngilang, jgn sampe yg laen jadi korban juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. EDIT: pelaku uda ganti nama jadi 'sang pengembara' #Y9UY8URC

      Hapus
  15. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus jasa kontak pin bbm

    BalasHapus
  16. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus jasa kontak pin bbm

    BalasHapus
  17. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus penipuan dengan jasa mencarikan data kontak pin bbm, sudah banyak pedagang online di BB yg tertipu. alamat Alvin di jalan Manyar kertoarjo 083857632136x

    BalasHapus
  18. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus penipuan dengan jasa mencarikan data kontak pin bbm, sudah banyak pedagang online di BB yg tertipu. alamat Alvin di jalan Manyar kertoarjo 083857632136x

    BalasHapus
  19. hati-hati dengan web www.kabowi.blogspot.com memang terlihat begitu meyakinkan, tapi ternyata penipu. saya sudah transfer dan menyepakati waktu pengiriman barang. pas sampai hari H ternyata dia ga bisa penuhi permintaan saya, saya mintain cash back tapi sangat sulit di hubungi. nama : NURLI FAIZ, nomor rek BCA0479185958 / BRI 606901000158504, nomor tlp 085642562072

    BalasHapus
  20. kalau hikmah mandiri nama fbnya itu penipu apa endk, mohon konfirmsinya , terima kasih

    BalasHapus
  21. kalau hikmah mandiri nama fbnya itu penipu apa endk, mohon konfirmsinya , terima kasih

    BalasHapus
  22. Saya kurang setuju dengan poin Lokasi Toko di batam merupakan kemungkinan besar penipu. Maaf mas, tapi kami orang juga berhak utk buka toko dan bukan berarti penipu. apakah mas tau kalau kota batam tidak pernah mengalami defisit? apakah mas tau kalau kota batam selalu memberikan pemasukan yang besar terhadap uang kas negara? Mohon maaf tapi konten seperti itu tidak layak ditampilkan karena berbau diskriminan.
    Isi artikelnya sangat bagus tapi lebih baik apa tidak menulis bersifat diskriminan

    BalasHapus
  23. Mau nambahin daftar penipu di OLX.co.id
    punya banyak ID.
    jual camera canon.
    KTP palsu atas nama Eka Wihardi.

    No.rek BRI Kacab Garut
    415601011594530
    EKA WIHARDI

    No. HP 081807282290
    pin BB 29133564

    Modus, pura2 mau kirim barang, tapi minta uang tambahan bayar pajak dll.

    Semoga tidak banyak orang yg tertipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah menjadi korban "eka wihardi" april 2015, waktu itu dia pake ID "Vionsa Eka Wihardi (eka-mr)", rek BRI 415601011595536

      Sekarang dia juga punya ID "mosir smarmatqa" lokasi balikpapan.
      - Jual PS3
      - No HP resmi ID pake nomer saya
      - Pada kolom keterangan barang ada tlp 082302059167
      - Pin BB 29F0D8B5 (setelah saya invite sama persis dng pin bb yg menipu saya, skrg pake DP "Mosir Persib")

      Sampai sekarang screen capture chat bbm masih tersimpan & juga bukti2 lainnya.

      Semoga bermanfaat buat yang lain

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  25. BCA a.n Maghfira Mutiara Rosa 6010184078 
    no. Hp : +6285946722734 
    Instagram : @mmutiararh 
    Nama instagram yang saya transaksi untuk membeli custom tee : @pearloveable tapi sekarang dia sudah menjual akun tersebut ke orang lain. 
    Dia juga memiliki akun instagram lain yang menjual iphone 2nd dengan nama @suppiphone2nd juga akun instagram yang menjual obat MOMENT tapi saya kurang tau dengan akun instagram itu tapi pin bbmnya 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut dengan id line kalo tidak salah @HSG1173U lalu saya meminta refund dengannya di id line : mmutiararh dan pin bbm 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut senilai 910rb jumlah tersebut menurut saya sangat besar. 
    Kalian hati hati saja karena sudah banyak yang jadi korban MAGHFIRA MUTIARA ROSA HENDANA dia juga memiliki akun facebook dengan nama aslinya Maghfira Mutiara RH dan maghfira mutiara yang menjual custom tee juga. Korban dia rata rata paidpromote orang sudah bayar tapi dia tidak mempromosikan tetapi saya korban membeli barang. Setelah saya telusuri, ternyata pacarnya juga seorang penipu.
    

    BalasHapus
  26. Maghfira mutiara rosa hendana itu penipu olshop

    BalasHapus
  27. Hati-hati bertransaksi dengan:
    Agustinus
    HP/WA 082221507199
    BB 766B8FB3
    Rekening BCA 5015099744 a/n Diora Paramita
    Jualan mobil dan aksesoris
    Domisili Bandung
    Kualitas jualan payah, tdk sesuai dg kesepakatan, susah dihubungi, bohong mau ganti rugi, dimintai tanggung jawab susah.
    Penipu sekarang banyak berkeliaran di kaskus dg modus harga yang "wajar"...HATI-HATI!!

    BalasHapus
  28. Hati-hati bertransaksi dengan:
    Heri Purnomo
    HP/WA 085789999181
    BB -
    Rekening BCA 8110419610 an Heri Purnomo
    Jualan mobil dan aksesoris
    Domisili ngakunya Lampung
    Jempol nih penipu, iklan sangat meyakinkan (berbeda iklan2 yg kayak Batam cs), sandiwaranya mantep pantes kayak Raam Punjabi, harga penawaran wajar, transaksi tdk terburu2 mau dinego, transfer jg ga minta berkali-kali, tp kalo sdh transfer jadi susah dihubungi.

    Penipu sekarang banyak berkeliaran di kaskus dg modus harga yang "wajar"...HATI-HATI!!

    Kita sbg buyer dituntut lebih cerdas krn pihak bank maupun provider telekomunikasi cukup rumit prosedurnya utk membantu korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Updated!!

      Mengaku bernama Andy Irwansyah ( 085658988707 / 087817448804 ), domisili Lampung, ID Kaskus RadioAT
      Kloningan ID T.Pain ( 085789999181 )

      Be carefull !!

      Hapus
  29. Hati hati dengan penipuan online di olx saya kenatipu1,5 jt mas brang camera gopro dengan harga 1,5juta itu jelas menipu jangan di beli hati2 semoga yg lain tidak terkena imbasnya

    BalasHapus
  30. Akun instagram penipu : @kittygadget
    HP : 081346860002 / 081224470004
    Nama penipu : Vony Lestari Parapaga
    Modus penipuan : arisan iphone online yang dikirimkan iphone rekondisi juga cacat, penggelapan uang dengan mengeluarkan paksa member dan mengambil uang yang hangus, menunda-nunda pengiriman barang, dan dikirim seminggu berikutnya dengan barang rekondisi, @kittygadget baru diketahui pernah masuk data penipu online, menggunakan fake member didalam arisannya demi mengambil keuntungan lebih banyak dan mengelabui member arisan.

    BalasHapus
  31. Hindari pembelian kendaraan dengan websitenya www.forum motor 88.com itu penipuan. Saya tertipu pada rabu 16 sept 2015 uang saya 2jt hlg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang ricko itu ketipu sama yg namanya H.tri Atmaji yah bener?jual motor mobil murah??

      Hapus
  32. maaf mo tax kalo olshoo sarang gadget ad yg tau ga...?ayo perangi penipuan yg mrugikan!!!thanks to all

    BalasHapus
  33. nih penipu kelas kakap
    nama fb : adi nugroho (kulkas rosenheim)
    hp. 085735495999

    BalasHapus
  34. DUNIA SEPEDA PENIPU ONLINE GANTI KONTAK & ALAMAT !!!

    SEBELUM
    www.dunia-sepeda.tk (sekarang tidak aktif kalo di search : 404. That’s an error)
    alamat toko di Jl. Bugel Indah Raya no.9, Tangerang.
    Telp 082338408484 (WhatsApp)
    BBM 2869DC61

    SEKARANG
    www.duniasepedaonline.tk
    Jl. Gatot Subroto No. 102 Samping Kantor JNE Tangerang 15114
    Hp : 081314443144 (SMS/WA)
    BBM 5A18F0C2

    *Sebelumnya menggunakan Rekening BRI 080601003307502
    a.n Rudi Wardhana, kemungkinan sekarang ganti lagi karena PENIPU SEPEDA ONLINE ini ingin menghilangkan jejak dari Postingan/Thread yang sebelumnya saya publikasikan !!!

    BalasHapus
  35. aya ingin melaporkan, saya telah ditipu oleh pemilik rekening Bank Syariah Mandiri 7081887408 atas nama Yanuar Budi Handoko.
    Penipuan online, nomor telpon yang digunakan pelaku 081584181866
    Transaksiknya sekitar pukul 19.45 WITA, saya di Makassar

    Kronologisnya lengkapnya

    Saya lihat iklan dia di OLX.co.Id,idnya atas nama Yoyo, kemarin sy hendak membeli Timbangan digital untuk usaha laundry untuk kakak saya, sy temukan iklan dia, kebetulan iklan dia harganya memang lebih murah dari yang lainnya, hanya lokasi dia di Jakarta sementara saya di Makassar
    Saya langsung sms dia, sehingga tercapai kesepakatan untuk transfer ke rekening yang saya sebutkan di atas, sebesar Rp 505.000,-
    Dia buru-buru minta transfer cepat katanya kebetulan lagi di JNE, dia kasih nomor rekening tadi pun, awalnya salah karena angka 8nya kurang, dia yang telpon untuk klarifikasi dan menyebutkan nomor rekening yang lengkap.
    Sy pun melakukan transfer antarbank sejumlah Rp 505.000,- dari rekening BNI: 0284889050 a/n Syahrul Razak.
    Setelah sy transfer, dia tidak balas Sms, telepon tidak aktif lagi.

    Setelah sy cek di kaskus, ternyata memang sudah banyak yang tertipu

    BalasHapus
  36. aya ingin melaporkan, saya telah ditipu oleh pemilik rekening Bank Syariah Mandiri 7081887408 atas nama Yanuar Budi Handoko.
    Penipuan online, nomor telpon yang digunakan pelaku 081584181866
    Transaksiknya sekitar pukul 19.45 WITA, saya di Makassar

    Kronologisnya lengkapnya

    Saya lihat iklan dia di OLX.co.Id,idnya atas nama Yoyo, kemarin sy hendak membeli Timbangan digital untuk usaha laundry untuk kakak saya, sy temukan iklan dia, kebetulan iklan dia harganya memang lebih murah dari yang lainnya, hanya lokasi dia di Jakarta sementara saya di Makassar
    Saya langsung sms dia, sehingga tercapai kesepakatan untuk transfer ke rekening yang saya sebutkan di atas, sebesar Rp 505.000,-
    Dia buru-buru minta transfer cepat katanya kebetulan lagi di JNE, dia kasih nomor rekening tadi pun, awalnya salah karena angka 8nya kurang, dia yang telpon untuk klarifikasi dan menyebutkan nomor rekening yang lengkap.
    Sy pun melakukan transfer antarbank sejumlah Rp 505.000,- dari rekening BNI: 0284889050 a/n Syahrul Razak.
    Setelah sy transfer, dia tidak balas Sms, telepon tidak aktif lagi.

    Setelah sy cek di kaskus, ternyata memang sudah banyak yang tertipu

    BalasHapus
  37. Gratis Copy Paste Cara Saya Mendapatkan Gaji Rp 6-10 Juta Perbulan Dari Youtube. Mendulang Dollar Dari Youtube Untuk Pemula Dan Orang Awam
    Gampang Praktis Dan Mudah Dijalankan Tutorial Tanpa Guru Download disini : http://goo.gl/J35Wzn

    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  38. Jika anda menemukan kejadian serupa dengan ini, silahkan anda share segala bentuk kejahatan Cyber Crime ini ke situs crimecyber.net atau laporpolisi.com , supaya para penipu dan penjahat tersebut jadi jera dan masyarakat supaya dapat informasi tentang kejahatan cyber crime yang kian bertambah marak akhir-akhir ini

    BalasHapus

Mohon untuk tidak mempromosikan produk anda di kolom komentar dan dilarang untuk menulis testimoni yang berkaitan dengan dukun togel. Dukun togel itu penipu. Jika melanggar aturan, maka komentar anda akan kami hapus.