Jumat, 14 Desember 2012

Contoh Korban Penipuan SMS Transfer Dana


Suwanto Margiono (50), warga Perumnas Prabu Indah, Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih tertipu aksi penipuan berkedok SMS  gelap melalui handphone.
Korban yang kesehariannya seorang  PNS di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih ini disuruh oleh oknum mentransfer sejumlah uang ke rekening.
Akibatnya, korban mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Peristiwa itu terjadi pada Senin, 7 Mei 2012. Namun baru dilaporkan ke Mapolres Prabumulih, Selasa (22/5).
Dalam laporan  yang tertuang pada No LP/B/140/V/2012/POLRES PBM yang diterima langsung Brigadir Alwi Hidayat itu, korban mengaku penipuan tersebut berawal saat dirinya menerima pesan singkat dari nomor handphone 082334207937.
Isi pesan singkat itu adalah ‘Transfer aja uangnya ke sini Bank Mandiri atas nama Abidin Putra dengan nomor rekening 900.0003422103’.
Awalnya korban tak serta merta mempercayai SMS tersebut, namun karena hari itu korban sedang berkonsultasi dengan pihak Five Hotel, di Solo Jawa Tengah, mengenai rencananya untuk menginap di sana.
Menerima pesan singkat tersebut, korban mengira jika pesan singkat yang berisi transfer rekening tersebut, adalah dari pihak Five Hotel.
Kemudian hari itu juga, korban mengirim uang sebesar Rp5 juta melalui rekening. Dan setelah uang dikirim barulah dirinya menyadari jika, pesan singkat tersebut bukanlah dari pihak hotel
“Aku kiro SMS itu dari pihak hotel. ruponyo waktu duitlah ditransfer, SMS itu bukan dari pihak hotel,” ungkapnya.
Kapolres Prabumulih AKBP Yerry Oskag SIk melalui Kasubbag Humas Ipda Untung S didampingi Kabag Ops AKP HT Sianturi membenarkan adanya laporan penipuan itu. dan kini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus yang menimpa korban.
“Jangan mudah percaya sama SMS atau  telepon yang isinya tentang pengiriman uang dan transaksi-transaksi lainnya yang tidak jelas, intinya kita harus tetap hati-hati,” katanya. 
Sumber : http://beritapagi.co.id/read/2012/05/pns-tertipu-sms-gelap.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar